TIJAN (SIFAT WAJIB BAGI RASUL)

و يجب في حق الرسل عليهم الصلاة و السلام الصدق . وضده الكذب . والدليل على ذلك انهم لو كذبوا لكان خبر الله سبحانه وتعالى كاذبا وهو محال .

Dan wajib didalam hak para Rasul sifat shidiq (benar). Dan perlawanannya adalah sifat kidzib (bohong). Dalil atas wajibnya sifat shidiq adalah sesungguhnya kalau saja para Rasul itu berbohong maka tentunya khabar dari Allah ta’ala juga bohong, dan ini tidak mungkin di terima akal.

Dan wajib dalam hak para Rasul untuk menjadi shidiq (benar). Dan rintangannya adalah kidzib (bohong). Dalil sifat wajib shidiq ialah sekiranya para Rasul berdusta maka sudah tentu berita dari Allah ta'ala itu juga dusta, dan ini mustahil diterima akal.

And it is obligatory in the rights of the Apostles to be shidiq (true). And the resistance is kidzib (lie). The proof for the obligatory nature of shidiq is that if the Apostles had lied then of course the news from Allah ta'ala would have been a lie too, and this is impossible for reason to accept.

و يجب في حقهم عليهم الصلاة و السلام الامانة . وضدها الخيانة . والدليل على ذلك انهم لو خانوا بفعل محرم او مكروه لكنا مأمورين بمثل ذلك . ولايصح ان نؤمر بمحرم او مكروه .

Dan wajib didalam hak para Rasul sifat amanah (bisa di percaya). Dan perlawanannya adalah sifat khiyanat (menghianati). Dalil atas wajibnya sifat amanah adalah sesungguhnya kalau para Rasul itu menghianati dengan cara melakukan sesuatu yang di haramkan atau yang di makruhkan maka tentunya kita diperintahkan dengan seperti itu dan tidaklah benar kita di perintahkan dengan keharaman atau kemakruhan.

Dan wajib dalam hak-hak para Rasul untuk dapat dipercaya (amanah). Dan penentangan adalah pengkhianatan (pengkhianatan). Dalil wajibnya amanah ialah jika para Rasul berkhianat dengan melakukan perkara yang dilarang atau dilarang, maka sudah tentu kita diperintahkan begitu dan tidak benar kita diperintahkan melakukan sesuatu yang dilarang atau yang haram.

And it is obligatory in the rights of the Apostles to be trustworthy (trustworthy). And the resistance is treason (betrayal). The evidence for the obligatory nature of trust is that if the Apostles betrayed by doing something that was forbidden or forbidden, then of course we were ordered that way and it is not true that we were ordered to do something forbidden or unlawful.

و يجب في حقهم عليهم الصلاة و السلام تبليغ ما امروا بتبليغه للخلق . وضده كتمان ذلك . والدليل على ذلك انهم لو كتموا شيأ مما امروا بتبليغه لكنا مأمورين بكتمان العلم . ولايصح ان نؤمر به لان كاتم العلم ملعون .

Dan wajib didalam hak para Rasul sifat tabligh (menyampaikan) hal yang di perintahkan untuk di sampaikan. Dan perlawanannya adalah sifat kitman (menyembunyikan hal tersebut). Dalil atas wajibnya sifat tabligh adalah sesungguhnya kalau saja para Rasul itu menyembunyikan hal yang di perintahkan untuk di sampaikan maka tentunya kita diperintahkan untuk menyembunyikan ilmu dan tidaklah benar kita di perintahkan dengan hal itu, di karenakan orang yang menyembunyikan ilmu itu di laknat.

Dan wajib dalam hak-hak para Rasul mempunyai tabligh (menyampaikan) perkara-perkara yang diperintahkan untuk disampaikan. Dan rintangannya adalah sifat kitman (menyembunyikannya). Dalil wajibnya tabligh ialah sekiranya para Rasul ada menyembunyikan perkara yang diperintahkan untuk disampaikan maka sudah tentu kita diperintahkan untuk menyembunyikan ilmu dan tidak benar kita diperintahkan untuk melakukannya, kerana orang yang menyembunyikan ilmu. dikutuk.

And it is obligatory in the rights of the Apostles to have tabligh (deliver) things that are ordered to be conveyed. And the resistance is kitman nature (hiding it). The evidence for the obligatory nature of tabligh is that if only the Apostles had hidden things that were ordered to be conveyed then of course we were ordered to hide knowledge and it is not true that we were ordered to do so, because people who hide knowledge are cursed.

و يجب في حقهم عليهم الصلاة و السلام الفطانة وضدها البلادة . والدليل على ذلك انه لو انتفت عنهم الفطانة لما قدروا ان يقيموا حجة على الخصم . وهو محال لأن القرآن دل في مواضع كثيرة على إقامتهم الحجة على الخصم

Dan wajib didalam hak para Rasul sifat fathonah (cerdas). Dan perlawanannya adalah sifat baladah (bodoh). Dalil atas wajibnya sifat fathonah adalah sesungguhnya kalau saja tidak ada kecerdasan dari para Rasul maka tentunya mereka tidak akan mampu menegakkan bukti kebenaran untuk mengalahkan musuh. Dan ini tidak di terima akal, di karenakan al Qur’an menunjukan pada banyak tempat atas bukti penegakankebenaran oleh mereka atas musuh-musuhnya.

Dan wajib dalam hak para Rasul untuk menjadi fathonah (berakal). Dan penentangannya adalah baladah (kebodohan). Dalil wajibnya fathonah ialah jika tidak ada kepandaian dari para Rasul, sudah tentu mereka tidak akan dapat menetapkan bukti kebenaran untuk mengalahkan musuh. Dan ini tidak boleh diterima, kerana Al-Quran menunjukkan di banyak tempat bukti mereka menegakkan kebenaran terhadap musuh mereka.

And it is obligatory in the rights of the Apostles to be fathonah (intelligent). And the resistance is baladah (stupidity). The proof for the obligatory nature of fathonah is that if there were no intelligence from the Apostles, then of course they would not be able to establish evidence of truth to defeat the enemy. And this is unacceptable, because the Qur'an shows in many places the evidence of their upholding the truth against their enemies.